Solusi Mengatasi Port 80 Apache Yang Konflik IIS Server dan Laragon atau XAMPP

77

Get now "Themes MedianWP UI for WordPress" for only $15, Buy Now! or view Demos

Solusi Mengatasi Port 80 Apache Yang Konflik IIS Server dan Laragon atau XAMPP
Solusi Mengatasi Port 80 Apache Yang Konflik IIS Server dan Laragon atau XAMPP

MedianWPSolusi Mengatasi Port 80 Apache Yang Konflik IIS Server dan Laragon atau XAMPP — hai MedianWP lover, kali ini kita akan membahas tentang Solusi Mengatasi Port 80 Apache Yang Konflik IIS Server dan Laragon atau XAMPP. Ketika kita ingin menjalankan aplikasi Laragon ataupun XAMPP, apakah itu baru install maupun sudah lama tidak dijalankan, terkadang akan muncul error: Port 80 in use by “Unable to open process”, port 80 in use by “unable to open process” with pid 4!, problem detected port 3306 in use by unable to open process, xampp error port 80 already in use, port 80 in use laragon, cara mengatasi port 80 is not responding, Laragon “Port 80 is in use!” dan berbagai pesan error lainnya. Kali ini MedianWP akan membahas solusi atau cara Mengatasi error Port 80 Apache ini dan apa yang menyebabkannya.

Sebagai Web Developer kita tentunya membutuhkan tools tersebut, agar dapat menggunakan web server lain seperti laragon, wampserver, xampp dan lain-lain. Ada banyak sekali tools pilihan yang dapat kita tentukan. Nah biasanya secara default tools web server yang saya sebutkan di atas masing-masing menggunakan port apache yang sama yaitu port 80.

Pengertian Port dalam Jaringan Komputer

Baris error XAMPP: Port 80 in use by “Unable to open process” sebenarnya terjadi karena port 80 untuk web server apache sudah dipakai oleh aplikasi lain.

Sederhananya, port adalah ‘jatah’ jalur komunikasi antar aplikasi komputer. Setiap aplikasi (terutama yang berkaitan dengan jaringan) membutuhkan sebuah nomor unik untuk saling berkomunikasi.

Sebagai contoh, aplikasi FTP menggunakan port 20 dan 21, aplikasi Secure Shell (SSH) memakai port 22, dan aplikasi Hypertext Transfer Protocol (HTTP) menggunakan port 80. List lengkap nomor port ini bisa mengunjungi: wikipedia.org.

Jika sebuah port sudah digunakan, aplikasi lain tidak bisa menggunakan port yang sama. Untungnya, nomor port ini bisa diubah tergantung keperluan. Angka port yang bisa diinput adalah dari 0 hingga 65535.

Mengatasi Port 80 Apache Yang Konflik “Port 80 is in use!”

1. Ketik inetmgr pada search bagian run windows kemudian enter.

2. Setelah terbuka, silahkan ikuti panduan gambar berikut ini :



Silahkan diganti port 80 menjadi 81, 8088, 8888 atau port lainnya yang available. Ingat silahkan gantilah port sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda sudah ganti, selanjutnya silahkan restart service dari IIS server tersebut.

Kedua, cara merubah port pada Laragon adalah dengan cara click tombol gerigi pojok atas terus port apache silahkan ubah jadi 80. selengkapnya liat gambar dibawah

Jika semuanya berjalan lancar, kali ini Apache sudah bisa berjalan menggunakan port 80.


MedianWP Lover itu lah tadi Solusi Mengatasi Port 80 Apache Yang Konflik IIS Server dan Laragon atau XAMPP versi MedianWP yang dapat Anda jadikan referensi pilihan buat teman teman, semoga Informasi Solusi Mengatasi Port 80 Apache Yang Konflik pada IIS Server dan Laragon atau XAMPP ini bermanfaat bagi Anda, Tekan CTRL + D untuk bookmark halaman ini. Silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

Sumber : yadishare

"Solusi Mengatasi Port 80 Apache Yang Konflik IIS Server dan Laragon atau XAMPP"
77